Press "Enter" to skip to content

Musim Penghujan Tiba Jakarta Siaga Banjir

Indolova.com – Hai indolovers, musim hujan di akhir tahun mulai terlihat dampaknya di ibukota DKI Jakarta, hujan lebat yang terjadi hari senin (11/12) membuat beberapa titik di Jakarta tergenang air. Beberapa wilayah yang terkena banjir itu antara lain Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Dukuh Atas, Jati Padang, Jalan Panjaitan dan Terowongan Jalan MT Haryono.

Beberapa hal penyebab terjadinya banjir tersebut salah satunya tidak berfungsinya beberapa pompa, termasuk di Dukuh Atas. Dari 6 pompa air di Dukuh Atas hanya dua yang berfungsi sedangkan empat lainnya mengalami kerusakan. Hanya dua yang berfungsi menyebabkan penyedotan air memakan waktu lebih dari sejam agar air tidak mengenangi wilayah tersebut, tapi waktu sejam itu sudah menimbulkan macet yang lumayan parah.

Di Balai kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, selasa (12/12) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nyatakan bertanggung jawab atas banjir yang terjadi, berikut pernyataanya: “Jadi, ketika kejadian (banjir) kemarin saya tahu ini tanggung jawab saya dan saya instruksikan apa yang menjadi amanat dari saya ke bawah untuk memastikan sampai di ujung paling bawah semua akan bertanggung jawab.”

Di Pertemuan Ketua RT, RW, dan LMK se-Jakarta Utara di Britama Arena Sport All, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (12/12), Gubernur DKI Jakarta ini kembali menyatakan agar seluruh aparat pemprov DKI untuk responsif menghadapi segala macam bentuk bencana termasuk banjir. Untuk mengantisipasi bencara tersebut diperlukan tiga sikap yaitu siaga, tanggap dan galang. “Perlu diingat untuk semua tiga pesan, yakni siaga, tanggap, dan galang agar antisipasi bencana bisa berjalan dengan baik.”

Nah sobat indolova, patut diwaspadai nih, musim penghujan yang mulai tiba di akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 akan makin tinggi akan menimbulkan banjir yang lebih meluas. Menurut Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho agar warga Jakarta mewaspadai Banjir sebab hujan deras pada tanggal 11 & 12 desember bukanlah puncaknya, sejak lama Jakarta sudah rawan banjir, semakin meningkat dengan adanya alih lahan yang menghalangi penyerapan air. Berikut pernyataannya: “ Hujan akan terus meningkat hingga Februari nanti. Biasanya (puncak) banjir Jakarta terjadi pada akhir Januari-awal Februari. “

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: